Kamis, 09 Mei 2013

ciri-ciri orang yang bermanfaat dan sukses dunia dan akhirat



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة                        
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَPada kesempatan kaliini kita masih diberikan nikmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita masih dapat berkumpul bersama dalam acara tadarusan al quran yang insya allah diridhoi oleh allah subhanahuwata’ala
Kemudian marilah kita haturan solawat kepada nabi besar kita muhammad saw, yang telah membawa agama islam dari alam yang gelap gulita menuju alam yang terang benerang yang diterangi oleh nur iman dan ikhsan..........
Hadirin yang berbahagia,,,yang insya allah dirahmati oleh allah.
Disini saya akan membahas tentang sebuah pembahasan yang tidak kala asing nya yang saya ambil dari sebuah hadits nabi muhammad. SAW beliau bersabda kepada kita
خير الناس ان ينفع لناس
Artinya : sebaik baik manusia adalah yang bermanfa’at bagi manusia yang lain
Dari hadis ini dapat kita ambil suatu i’tibar, bahwa kita dianjurkan agar bisa bermamfaat bagi manusia yang lain, saling mengisi kekosongan dan memberi dan membantu orang yang harus dibantu..
Kita harus bisa menjadi panutan dan suritauladan bagi semua orang agar kita menjadi orang yang berguna bagi agama nungsa dan bangsa......hadirin yang berbahagia,,,, coba kita bayangkan bagaimana jika kita seorang anak pelajar, apa yang dapat kita lakukan??? Apa yang harus kita sampaikan kepada masyarakat?? Mari kita pikirkan dari sekarang. kita lihat kebanyakan teman2 diluar sana mereka seorang yang memiliki titel yang sangat tinggi,, tetapi ternyata tak bisa bermanfaat bagi masyarakat, dimana ilmu yang didapat selama ini, ini menjadi pertanyaan bagi semua orang,,,,, agar kita tidak menjadi orang2 yang masuk kedalam jurang kegagalan, mari kita bangun semangat juang kita untuk terus menjadi manusi yang baik dalam tanda kutip bermanfaat bgi yang lain.....
Saudaraku yang budiman .....ingatlal kita sudah berapa lama belajar dijenjang pendidikan, maka sebaiknya kita amalkan semua ilmu yang telah kita dapati selama kita hidup di muka bumi alllah ini. Ada sebuah pepatah mengatakan ilmu yang tak diamalkan bagaikan pohon tak berbuah,,dan ilmu yang salah mengamalkan bagaikan pohon yang berbuah pahiit. Jadi kalau kita tak mengamalkan ilmu yang kita miliki dengan perlahan ilmu itu akan hilang dengan sendirinya,,, kalau kita salah mengamalkan ilmu maka kebalikan dari sabda nabi muhammad SAW.
Seburuk buruk manusia adalah ya g tidak bermanfaat bagi orang lain dan menyesatkan orang lain serta selalu berbuat yang tidak disenangi orang lain,, ,misalnya minuman keras,,berzina dan kerusuhan yang sangat di benci oleh allah swt.
Saudara ku yang dimuliakan oleh allah swt
Ketika seorang sahabat bertanya kepada rosulullah tentang orang kafir yang selalu mengejek bahkan memusuhi orang islam, ya rosulullah apa kita diam saja?? Apa kita melawan mereka dengan menyerbu mereka.. jawab rosulullah jangan,,, jika mereka yang menyerang kita baru kita melawan mereka  rosulullah pun bersabda;orang yang kuat dan menang adalah bukan orang yang kuat dalam perang maupun dalam bergulat ataupun berkelahi akan tetapi orang yang kuat dan menang adalah yang kuat menahan amarahnya dan selaulu sabar dalam menghadapi segala cobaan, rintangan, dan permasalahan .
Hadirin yang budiman jika memang benar demikian maka dari sekaranglah kita berpikir dan bertekat untuk tidak cepat mengambil sebuak keputusan yang belum tentu kebenarannya..
Saya menghimbaw kepada saudara2 saya khususnya diri saya sendiri untuk tidak ikut2an dalam hal2 yang merusak nama baik kta dan harga diri kita, seperti tauran, demo yang yang hanya ikut2an saja. Padahal rosulullah sangat melarang sekali kita berbuat demikian. Padahal kita hanya jadi bahan pelampiasan amarah kita saja tetapi perlu kita garis bawahi apakah cocok dan pantas mahasiswa melakukan semua itu, orang tua menyuruh kita datang kesini jauh2 dari kampung bukan untuk tauran , bukan untuk demo dan bukan untuk mencari menantu atau istri. Tapi kita kesini untuk mencari ilmu, belajar dengan sungguh2 agar kita dapt membahagiakan orang. 

1 komentar: